Home » » Lima Hal yang Tidak Selalu Benar Mengenai Bisnis di Internet

Lima Hal yang Tidak Selalu Benar Mengenai Bisnis di Internet

Banyak orang yang mencoba melakukan bisnis di internet, misalnya membuat situs di internet dan lain sebagainya. Ada yang sukses dan ada pula yang gagal. Ada yang tadinya sukses lalu gagal dan demikian pula sebaliknya. Mengapa itu bisa terjadi? Apa internet bisa membuka peluang bagi kita? Melalui tulisan kali ini akan dibahas mengenai lima hal yang 'tidak selalu' benar mengenai bisnis di internet.
  1. Yang pertama selalu menang.
    Jangan salah, menurut Marc Andreessen sang pendiri Netscape Communications, "kebanyakan pemain pertama tidak bisa tahan dan akhirnya terkubur bersama semua kesuksesannya, hal ini karena selalu ada pendatang baru yang berusaha menyodok dan belajar dari kesalahan-kesalahan pendahulunya.". Ketepatan waktu, eksekusi dan pendekatan yang baik adalah kunci suksesnya bagi bisnis di internet. Banyak perusahaan tidak bisa menerapkan dan menjabarkan ketiga hal tersebut dengan baik dan parahnya para pengikut di belakangnya yang akhirnya bisa belajar dan bahkan kemudian menang dalam persaingan.
  2. Semua terjadi lebih cepat dalam internet.
    Memang benar bahwa evolusi software terjadi dengan cepat seiring dengan tumbuhnya dunia web. Tetapi ingat bahwa tidak semua berjalan dengan cepat pula. Misalnya saja keinginan pelanggan tidak terlalu cepat berubah, tapi mereka membutuhkan alternatif dari kebutuhan mereka.
  3. Semua hanya masalah traffic, situs dengan page view yang banyak akan menang.
    Banyak orang saat ini berlomba-lomba membuat situs, baik pribadi atau perusahaannya. Mereka bermimpi untuk menghasilkan uang dari traffic yang datang ke situs mereka, misalnya saja dengan jalur iklan atau membuat sistem e-commerce. Pada kenyataannya, dengan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke dalam suatu situs, maka hal tersebut tidak ada artinya jika mereka tidak memiliki alasan untuk melakukan sesuatu di situs tersebut.
  4. Dengan beriklan maka akan membangun brand dengan cepat.
    Tunggu dulu, coba Anda perhatikan beberapa brand yang sudah paten di internet macam Amazon, AOL, eBay, Yahoo! dan Google. Brand mereka itu dibangun atas dasar informasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Mengapa demikian? Kesan pengguna atau user experience memegang peranan penting di sini. Jika pengguna puas dengan jasa yang ditawarkan situs atau perusahaan, maka secara otomatis dia akan memberitahukan kepada beberapa rekan-rekannya yang lain dan ini bisa berlangsung dengan sangat cepat di internet. Beriklan kadang-kadang hanyalah aktivitas membuang duit dan sangat tidak efektif. Kita sudah merasakan sendiri di era 90an banyak perusahaan situs portal di Indonesia sampai bersemangat dalam memasang billboard besar di jalan-jalan, akan tetapi hasilnya hanya sesaat saja.
  5. Dengan internet maka semuanya akan 'paperless'.
    Sabar-sabar. Ini memang impian para orang-orang yang gila teknologi. Tetapi jangan lupa bahwa saat ini semuanya masih membutuhkan media kertas. Mengapa demikian? Paling tidak dengan menggunakan kertas maka suatu informasi masih lebih nyaman untuk dibaca, misalnya saja membaca koran dan lain-lain. Bahkan e-mailpun terkadang masih kita print untuk dibaca atau menjadi arsip bukan? Jadi kesimpulannya 'paper still rules the paperless world'.
Demikian tulisan sederhana mengenai lima hal yang masih tidak selalu benar mengenai bisnis di internet. Semoga berguna bagi Anda semuanya.
Referensi
  • Dari berbagai sumber.
Terima kasih.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Bisnis Online Anda
Loading


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Web TKJ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger