Home » » Mengirim komentar secara otomatis dengan PHP (Studi kasus : situs Jasakom)

Mengirim komentar secara otomatis dengan PHP (Studi kasus : situs Jasakom)

Salah satu situs yang suka aku tongkrongin adalah Jasakom. Selain artikelnya diulas oleh orang-orang jago, tapi ada lagi satu hal yang paling membuat aku senang mengunjungi situs ini. Yaitu...?? KOMENTARNYA!!!. Yup... setiap pengirim artikel akan selalu diberi komentar oleh para pembacanya. Namun anehnya, fasilitas ini malah tidak digunakan semestinya. Malah tempat adu kehebatan, caci-maki, b'canda, bahkan cari jodoh!!! yeah... udah kayak chatting lah... Namun, disitulah asiknya ber-komen2 ria, karena kita bisa chatting sama orang2 jago tentunya. Tapi bagaimana k'lo temen chatting kita itu robot ?? alias pesan atau komentar yang diberikan bukan dilakukan orang sebenarnya. Melainkan, dengan proses automatis berdasarkan event tertentu!!!. Huahh... ini yang asik, sebab kita bisa isengin kawan seakan-akan kita online setiap hari, padahal kita cuma bengong meratapi kantong kita yang kering : ). Dan yang paling menabjubkan kita bisa menjadi pengirim komentar yang paling pertama atau kedua!!!.

Aku sudah berulang kali bermain2 dengan pengiriman pesan secara otomatis. Maklum, dari pada online tiap hari, aku buat aja script. Hasilnya... yeah dengan bantuan script ini aku bisa promosi lewat situs secara otomatis tanpa perlu online setiap hari!!!. Yang pasti, lebih hemat kantonglah... buat beli snack alias makanan ringan, bukan ular!!!. Script ini salah satu contoh, tapi bukan promosi sesuatu, melainkan mengirim komentar-komentar yang lucu-lucu. Yang pasti bisa membuat orang yang baca komentar kebingungan.

Oh, iya karena aku cuma taunya PHP... aku buatnya dengan PHP yach. Dengan konsep yang sama, kamu bisa juga buatnya dengan bahasa lainnya seperti Visual Basic, Perl, Java, C, dan bahkan Javascript!!!, semuanya tergantung kemampuan dan kreatifitas kamu. Oke, proses yang dilakuan dalam pengiriman komentar ini akan aku gambarkan sebagai berikut, nyantai yach : )...
1. Baca Nomor Artikel Terakhir Yang Dikirimi Komentar (Dibaca melalui file log bernama: 'dbcode.txt')

2. Buka Artikel Baru dengan menjumlahkan Nomor Artikel sebanyak 1 kali. Disinilah kelemahannya Jasakom, hingga bisa dibentuk pengiriman komentar secara otomatis pada setiap artikel baru. Seharusnya biar lebih sulit, harusnya setiap ada artikel baru diberikan Nomor Artikel dengan perhitungan 'Nomor Artikel Lama + Nomor Random Dengan Nilai Lebih Besar Dari 10'.

3. Ada artikel dengan Nomor Artikel yang ditentukan ?? Jika tidak ada move ke langkah 5, jika ada periksa apakah script telah mengirimkan komentar sebelumnya ?? Komentar akan ditandai nama user yang menggunakan script ini, jika ada nama user ini dalam halaman artikel maka dipastikan script telah mengirimkan komentar. Jika, Ya... maka jump ke langkah 6.

4. Karena belum disisipi komentar, maka artikel ini kirimin komentar dan bersamaan dengan itu simpan Nomor Artikelnya dalam Log. Biar nggak kebanyakan ngirimin komentar. Oke jump ke langkah 6.

5. Disini kita mengurangi Nomor Artikel sebanyak 2 angka. Artinya, kita memproses ulang mulai 2 nomor terakhir dari Nomor Artikel yang ada pada log. Mis : Nomor Artikelpada log = 608, maka Nomor Artikel saat ini 606. Lalu, script menyimpannya dalam file log. Tujuan dilakukannya proses ini agar script kita nggak diam disini aja.... mana tau admin memainkan Nomor Artikelnya... yeah aku atau kamu pasti ngerti lah...

6. Selesai... tidur | ) zZzZzZzZ...
Oke, dari pada puyeng baca proses diatas mending kita langsung ke coding., khan lebih asyikkk... : ). Pertama2 sebelum kamu2 buat script engine alias file pemprosesnya. Terlebih dahulu kamu buat file log penyimpan Nomor Artikel dengan nama 'dbcode.txt'. Isikan file tersebut dengan Nomor Artikel terakhir disitus jasakom. Oh, iya kamu bingung yach yang mana Nomor Artikelnya. Coba deh, akses ke url artikel terakhir. trus, kamu liat pada address bar browser kamu alamat : http://jasakom.com/article.aspx?ID=288 nomor 288 merupakan Nomor Artikel, udah ngerti... oke lanjut. Semangat yach!!!

Nah, udah selesai ciptakan file lognya. Sekarang kita buat file enginenya. Janagn lupa nama filenya terserah kamu deng... tapi, biar lebih kompak kita buat aja nama filenya 'jasakomentar.php', oke : ).
==========================
<?

// MULAI

// FUNGSI UNTUK MENGIRIMKAN PARAMETER2 URL METHOD POST LHO...
function post($host,$query,$others='')
{
$path=explode('/',$host);
$host=$path[0];
unset($path[0]);
$path='/'.(implode('/',$path));
$post="POST $path HTTP/1.1\r\nHost: $host\r\nContent-type: application/x-www-form-urlencoded\r\n${others}User-Agent: Mozilla 4.0\r\nContent-length: ".strlen($query)."\r\nConnection: close\r\n\r\n$query";
$h=fsockopen($host,80);
fwrite($h,$post);
for($a=0,$r='';!$a;)
{
$b=fread($h,8192);
$r.=$b;
$a=(($b=='')?1:0);
}
fclose($h);
return $r;
}
?>

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>: JASAKOM BOOM : :</TITLE>
</HEAD>
<BODY>

<?

// UBAH ACCOUNT INI SESUAI ACCOUNT KAMU

$userid="coba" // USER ID

$password="123456" // PASSWORD


$fh=fopen("dbcode.txt", "r");
$id=fread($fh, filesize("dbcode.txt"));
fclose($fh);
$id++; // Test Nomor Artikel Baru
$datatest=post("jasakom.com/article.aspx?ID=".$id,"");
if(eregi("nama", $datatest)){ // K'lo ada teks 'nama' berarti ada artikel baru
// Periksa apakah udah ada komentar tomero, jika tidak kirim
if(!eregi("tomero", $datatest)){
// Generate Pesan Random
srand((float) microtime() * 10000000);
$input = array("Sekedar+ngisi+maaf", "Ingat+selalu+Situsku+yAch...", "inginku+one+www.tomero.tk", "Salam+kenal...", "Ingin+yang+pertama", "Salam+Kenal%0D%0ASaya+Tomero...%0D%0ASitusku+%3A+http%3A%2F%2Fgeocities.com%2Fmeyer_webmail%0D%0ALagi+cari+temen2+yang+baik+hati...");
$rand_keys = array_rand($input, 1);
$pesan=$input[$rand_keys];
$datatest=post("jasakom.com/postcomment.aspx?ID=".$id,"__VIEWSTATE=dDw0MDI4MjIxMjI7dDw7bDxpPDE%2BOz47bDx0PDtsPGk8MT47aTw1Pjs%2BO2w8dDxwPHA8bDxUZXh0Oz47bDwyMDIuMTU1Ljk5LjE1Mjs%2BPjs%2BOzs%2BO3Q8O2w8aTwwPjs%2BO2w8dDw7bDxpPDA%2BOz47bDx0PDtsPGk8MTU%2BOz47bDx0PHA8cDxsPFRleHQ7PjtsPFxlOz4%2BOz47Oz47Pj47Pj47Pj47Pj47Pj47Pg%3D%3D&txtUserId=".$userid."&txtPassword=".$password."&txtComment=".$pesan."&btnPost=Post+Comment");
echo "Yeah...";
}else{
echo "None...";
}
}else{
echo "Tidak Ada Artikel Bar";
$id-=2;
}

// Tulis id baru ke DB
$fh=fopen("dbcode.txt", "w+");
fwrite($fh, $id);
fclose($fh);

// SELESAI

?>


</BODY>
</HTML>

========================
Dari script yang kita liat. Terdapat tulisan berwarna merah, itu merupakan link2 milik jasakom yang penting dalam pengiriman komentar. Trus, hal yang penting lagi. Untuk mendapatkan akses pengiriman komentar diperlukan user id dan password. Kamu dapat melihat teks berwarna kuning ?? ubah teksi itu sesuai user id dan password kamu2 yang ada di jasakom. Nah, terakhir... yang paling seru nich. Komentar!!!! ini merupakan topik kita bukan ??? coba liat teks berwarna hijau. Saya membentuk element array dalam komentar, jadi kamu bisa menambahkan atau mengurangi arraynya sesuai jumlah komentar yang kamu inginkan untuk dimunculkan secara acak nantinya. Oh, iya setiap array memiliki komentar dengan berbasis encode. Artinya, untuk mendapatkan komentar yang sesuai kamu inginkan kamu harus sesuaikan dengan address parameter yang ada pada browser kamu. Bingung ?? yeah aku juga bingung ngejelasinnya. Gini , kita akan mencoba mendapatkan encode kata 'hello Tomero' maka, pada browser coba akses 'http://test.nich/kata=hello Tomero' maka akan menghasilkan 'http://test.nich/kata=hello+Tomero', teks berwarna merah adalah komentar yang harus ditambahkan buakn tek sebenarnya. terlihat bahwa spasi diganti dengan simbol plus (+). Nah, kamu udah ngertikah... coba deh untuk teks2 atau komentar2 lainnya.

Akhir kata, mungkin ada yang kurang dalam info ini. Maklumlah aku cuma seorang anak manusia yang penuh dengan kekurangan. Hanya kalianlah kawan2ku yang dapat menyempurnakan aku, tiada yang lain. Oke yah sampai jumpa lagi salam damai....... be..be..be.. I LOVE YOU ALL : ).

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Rekan Bisnis Online Anda
Loading


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Web TKJ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger